Tips Memilih Makanan Sehat untuk Diet

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Diet

Jika badan sudah terlihat menggemuk atau terasa berat, sebagian orang pasti akan menjalankan diet. Diet sendiri bukan sekedar dengan mengurangi porsi makan. Sebaliknya, kunci suksesnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk diet.

Untuk sukses menjalani sebuah diet, kamu bisa mengonsumsi jumlah kalori yang tepat untuk seberapa aktif kamu sehingga kamu bisa menyeimbangkan konsumsi energimu. Hal tersebut patut diperhatikan pasalnya jika kamu makan atau minum lebih dari yang dibutuhkan tubuhmu, maka kamu akan menambah berat badan karena energi yang tidak digunakan akan tersimpan sebagai lemak.

Jika kamu ingin menjalani diet yang sehat, ada baiknya kamu menyimak tips memilih makanan sehat untuk diet berikut ini:

  1. Karbohidrat Bertepung dan Berserat Tinggi

Karbohidrat yang mengandung tepung harus menjadi lebih dari sepertiga dari makanan yang kamu konsumsi. Contohnya seperti kentang, roti, nasi, pasta, dan sereal.

Makanan tersebut mengandung lebih banyak serat daripada karbohidrat bertepung putih atau halus dan dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Jadi cobalah untuk mengkonsumsi jenis-jenis tersebut secara secukupnya, dan berimbang dengan energi yang kamu keluarkan pada hari itu.

  1. Konsumsi Banyak Buah dan Sayuran

Untuk hasil yang maksimal kamu bisa mengkonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayuran setiap hari. Buah dan sayur bisa dikonsumsi dalam bentuk segar, kalengan, kering, ataupun dijus.

Sebagai contoh, kamu bisa mengkonsumsi 150ml jus buah, jus sayur, atau smoothie sebagai 1 porsi. Namun sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi jus lebih dari 1 gelas sehari karena minuman ini mengandung gula dan dapat merusak gigi.

  1. Konsumsi Ikan

Ikan bisa dijadikan sumber protein yang baik saat menjalankan diet karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Usahakan untuk memakan setidaknya 2 porsi ikan dalam seminggu dan setidaknya konsumsilah 1 porsi ikan yang berminyak.

Ikan yang berminyak kaya akan lemak omega-3 yang bisa membantu mencegah penyakit jantung. Ikan berminyak meliputi: ikan salmon, ikan trout, ikan sarden, ikan kembung, dan ikan haring.

  1. Kurangi Lemak Jenuh dan Gula

Meski menjalani diet, kamu tetap membutuhkan lemak. Namun begitu, penting untuk memperhatikan jumlah dan tipe lemak yang dikonsumsi.

Lemak sendiri terdiri dari 2 tipe utama yakni jenuh dan tidak jenuh. Jika diet, kamu disarankan untuk mengkonsumsi lemak yang tidak jenuh. Pasalnya, lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kamu boleh saja mengkonsumsi lemak jenuh namun dengan jumlah yang tidak banyak, yaitu maksimal 30 gram (untuk pria) dan maksimal 20 gram (untuk wanita). Sementara itu untuk anak di bawah usia 11 tahun harus mengonsumsi lebih sedikit lemak jenuh dibanding orang dewasa, tetapi diet rendah lemak tidak cocok untuk anak di bawah 5 tahun.

Lemak jenuh sendiri bisa ditemukan di potongan daging berlemak, sosis, mentega, keju, krim, kue, biskuit, lemak babi, dan pai. Kamu bisa mengganti asupan di atas dengan yang lebih sehat seperti gunakan sedikit minyak sayur atau minyak zaitun, atau olesan rendah lemak sebagai pengganti mentega dan lemak babi. Kamu juga jangan lupa untuk memilih potongan daging tanpa lemak, ya!

Di sisi lain, kamu juga harus mengurangi jumlah makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi untuk mengurangi resiko obesitas dan kerusakan gigi. Untuk mengganti konsumsi gula, kamu bisa memilih pilihan yang lebih sehat dan mengandung gula alami seperti madu, sirup, jus buah, ataupun smoothie tanpa pemanis.

  1. Kurangi Asupan Garam

Mengkonsumsi terlalu banyak garam bisa meningkatkan tekanan darahmu. Orang dengan tekanan darah yang tinggi lebih memungkinkan untuk mengalami penyakit jantung dan stroke.

Sekitar tiga perempat dari konsumsi garam kamu setiap hari bisa jadi sudah ada pada makanan yang kamu beli seperti sereal, sup, roti, bahkan saus.

Disarankan untuk kamu agar mengkonsumsi garam tidak lebih dari 6 gram (sekitar satu sendok teh) perhari, dan anak-anak berusia di bawah 11 tahun harus mengkonsumsi tidak lebih dari 6 gram.

Demikianlah tips untuk memilih makanan sehat untuk diet. Untuk mempermudah, jangan lupa untuk memperhatikan label pada produk makanan untuk memperhatikan asupan lemak, gula, dan garam yang ada pada produk tersebut. Hal ini tentunya agar kamu bisa mengontrol asupan harianmu dan membuat dietmu sukses.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.