10 Contoh Makanan Sehat yang buat Kamu Cepat Kurus

10 Contoh Makanan Sehat yang buat Kamu Cepat Kurus

Tubuh yang sehat datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Penurunan berat badan atau memiliki tubuh yang kurus bukanlah jaminan dari tubuh yang sehat, dan tidak semua orang perlu menurunkan berat badan. Namun, jika kamu sedang menjalani diet untuk menghindari obesitas, kamu wajib memperhatikan contoh makanan sehat yang akan dibahas kali ini.

Dengan mengonsumsi makanan sehat maka pencernaan dan kinerja organ tubuh akan berjalan lancar. Meski begitu, kamu juga disarankan untuk menghubungi dokter gizi agar asupan nutrisi yang kamu konsumsi benar-benar pas untuk tubuhmu.

Lalu apa saja contoh makanan sehat yang bisa membuat kamu cepat kurus dan bisa kamu konsumsi selama menjalani diet? Simak 10 jenis makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan berikut ini.

  1. Sayur Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau memiliki sifat yang membuatnya sempurna untuk mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat. Serat dan nutrisi yang terkandung juga bisa membuat kamu kenyang dan terhidrasi. Hal ini karena sayuran berdaun hijau seperti kangkung, sawi, bayam, dll mengandung senyawa tanaman yang disebut tilakoid.

  1. Telur

Makanan yang menjadi sumber kaya protein ini bisa menjadi pilihan asupan proteinmu. Selain membuat cepat kenyang dan kenyang lebih lama, telur memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin D, kolin, dan protein yang bisa menjadi sumber energi. 

Sebaiknya telur yang kamu konsumsi bukanlah telur yang mengandung banyak minyak, dan tentu saja jangan terlalu banyak mengonsumsi telur. Hal ini karena telur berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL pada sebagian orang.

  1. Dada Ayam dan Daging Tanpa Lemak

Jika ingin mendapat protein dari daging-dagingan, ada baiknya kamu memilih daging yang rendah lemak seperti dada ayam atau ayam tanpa kulit, daging domba, dan daging tanpa lemak lainnya.

Daging merah dan daging dada ayam sendiri mengandung protein dan zat besi yang baik untuk tubuh. Sementara itu, daging domba dianjurkan untuk menu diet karena mengandung asam lemak tak jenuh. Jadi daging-dagingan sangat disarankan untuk kamu yang menjalani diet rendah karbohidrat. Yang perlu dihindari saat diet adalah daging olahan seperti sosis, nugget, kornet, dan olahan daging lainnya, ya.

  1. Brokoli, Kembang Kol, dan Kubis

Ketiga jenis sayuran silangan ini mengandung protein dalam jumlah yang layak. Mungkin proteinnya tidak setinggi daging atau kacang-kacangan, namun masih bisa dikatakan lebih tinggi dibanding sayuran lainnya.

Kombinasi protein, serat, dan kepadatan energi yang rendah menjadikan sayuran ini sebagai makanan yang sempurna untuk disertakan ke dalam menu dietmu agar cepat kurus. Terlebih, ketiga sayuran ini sangat bergizi dan mengandung senyawa yang dapat menurunkan risiko terkena kanker.

  1. Alpukat

Alpukat bisa dikatakan sebagai buah yang unik. 

Hal itu karena alpukat memiliki kandungan lemak yang sehat, tinggi akan asam oleat tak jenuh tunggal, mengandung banyak air dan serat, serta memiliki jenis lemak yang sama seperti minyak zaitun.

Alpukat bisa menjadi makanan padat energi yang bisa membantu tubuhmu menyerap lebih banyak antioksidan karotenoid, dan vitamin A, D, E, dan K dari makanan dan sayuran yang kamu konsumsi.

  1. Ikan Salmon dan Ikan Tuna

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna sangatlah bergizi. Ikan-ikanan terkenal karena sarat akan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, omega-3, dan berbagai nutrisi penting untuk tubuh.

Ada baiknya kamu mengonsumsi ikan segar dan bukan ikan kalengan agar bisa mendapatkan kandungan sehat yang maksimal.

  1. Kacang-kacangan dan Polong-polongan

Kacang dan kacang polong lainnya bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena mereka tinggi protein dan serat, serta mengandung beberapa pati resisten yang merupakan dua nutrisi yang bisa meningkatkan rasa kenyang.

Ada baiknya kamu memperhatikan cara mengolahnya agar kacang yang kamu konsumsi tidak menyebabkan gas dan membuat perut kembung. Kamu bisa mencoba untuk membeli kacang kering dan merendamnya selama beberapa jam sebelum memasaknya. 

  1. Yoghurt

Yoghurt adalah produk olahan susu yang sangat baik untuk membantumu dalam menurunkan berat badan. Yoghurt bisa membuat fungsi usus bekerja dengan baik karena kandungan bakteri probiotik yang cukup tinggi, sehingga mampu melancarkan pencernaan. 

Sebaiknya kamu mengonsumsi yoghurt yang tidak rendah lemak seperti greek yoghurt, karena yoghurt yang rendah lemak biasanya justru mengandung tambahan gula yang lebih banyak.

  1. Buah-buahan

Tentu saja buah-buahan menjadi salah satu contoh makanan sehat yang bisa membuatmu cepat kurus. 

Kandungan gula alami yang ada pada buah-buahan bisa berguna sebagai sumber energi dan membantumu untuk terhindar dari diabetes. 

Buah-buahan sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai pengganti camilan rendah kalori dan karbohidrat. Buah-buahan seperti jeruk bali, pir, apel, mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi untuk meningkatkan rasa kenyang.

  1. Biji-bijian

Sudah banyak studi yang menunjukkan jika diet kaya biji-bijian bisa membantu menurunkan berat badan secara sehat.

Biji-bijian dapat menjadi bagian dari diet sehat yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh karena sarat dengan serat, nutrisi, dan protein yang layak. Berbagai contoh biji-bijian yang bisa kamu konsumsi setiap harinya adalah gandum utuh, beras merah, quinoa, hingga chia seed (selasih).

Demikianlah 10 contoh makanan sehat yang buat kamu cepat kurus. Ingatlah jika menurunkan berat badan tidak cukup dengan mengonsumsi makanan di atas, namun kamu juga harus tetap berolahraga dengan teratur dan mengatur porsi asupan makananmu, ya!

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.